Kamis, 14 Maret 2013

Asal usul Blogger




Sebenarnya saya juga baru  membuat blog ini, tapi tidak apalah untuk mengingatkan sahabat-sahabat bloggeryang ingin memulai membuat blog.na disini saya akan sedikit share pengertian atau juga manfaat dari Blog itu sendiri.

Berikut penjelasannya.

Blogger adalah layanan pembuatan blog yang dimiliki oleh prusahaan google yang diciptakan Pyra Labs pada tahun 2003. Secara umum layanan ini melalui sub domain google: blogspot.com.

Sejarah Blogspot

Pada tanggal 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs dan pada bulan Februari 2003, dan diakuisisi oleh Google dengan persyaratan yang tidak diungkapkan.secara detail

Akuisisi ini memungkinkan fitur premium atau prabayar menjadi bebas. Sekitar setahun kemudian, co Pyra Labs '-pendiri, Evan Williams, meninggalkan Google. Pada tahun 2004, Google membeli Picasa dan digunakan pengguna untuk posting foto ke blog mereka.

Pada tanggal 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan redesign besar, menambahkan fitur seperti standar-compliant web template, halaman arsip individual untuk posting, komentar, dan posting melalui email. Pada tanggal 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbaru dalam versi beta, dengan nama sandi "Invader.

Pada bulan Desember 2006, versi baru dari Blogger diambil dari versi beta. Pada Mei 2007, Blogger benar-benar pindah ke server Google. Blogger menduduki peringkat ke 16 pada daftar top 50 domain dalam hal jumlah pengunjung pada tahun 2007.

Sebagai bagian dari redesign Blogger pada tahun 2006, semua blog yang terkait dengan pengguna Google Account harus pindah ke server Google. Blogger mengklaim bahwa layanan ini sekarang lebih handal karena kualitas dari servernya, google.

Seiring dengan migrasi ke server Google, beberapa fitur baru diperkenalkan, termasuk organisasi label, sebuah drag-and-drop template antarmuka mengedit, membaca izin (untuk membuat blog pribadi) dan baru Web opsi feed. Ada juga tambahan fitur baru yaitu blogger draft. Sebelum dirilis, fitur ini sudah diujicoba.

Pada bulan September 2009, Google memperkenalkan fitur baru ke Blogger sebagai bagian dari perayaan ulang tahun kesepuluh. Fitur baru ditambahkan termasuk edit posting, gambar penanganan ditingkatkan, Raw HTML Konversi, dan l Google Docs berbasis implementasi, termasuk:

  • Menambah lokasi untuk posting melalui geotagging.
  • Waktu pengeposan pada saat publikasi, bukan pada saat tulisan ditulis
  • Vertikal kembali ukuran dari editor posting. Ukurannya disimpan dalam per preferensi pengguna, per-blog.
  • Link mengedit dalam mode Compose.
  • Dukungan penuh dari Safari 3 yang bisa digunakan baik di windows atau Mac OX.
  • Adanya preview sebelum sebuah tulisan diposting dengan ukuran lebar dan font yang hampir sesuai dengan pada saat tulisan diterbitkan
  • Placeholder gambar untuk tag
  • New toolbar dengan estetika Google, waktu loading lebih cepat, dan ditambahkan pula tombol "membatalkan" dan "mengulang". Juga ditambahkan palet warna yang lebih bermacam-macam.
Fitur-Fitur Blogger

  • Toolbar Google memiliki fitur yang disebut "BlogThis!" yang memungkinkan pengguna toolbar dengan akun Blogger untuk memposting tautan langsung ke blog mereka.
  • "Blogger for Word" adalah sebuah add-in untuk Microsoft Word yang memungkinkan pengguna yang menyimpan file dalam Microsoft Word bisa langsung memposting dan mengedit tulisan mereka ke blog Blogger. Pada Januari 2007 word blogger ditiadakan.
  • Blogger mendukung layanan Google AdSense, sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan melalui sebuah blog.
  • Blogger menawarkan dukungan beberapa penulis, sehingga memungkinkan untuk membangun blog secara kelompok.
  • Blogger menawarkan fitur pengeditan template, yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan template Blogger.
  • Google Docs memiliki integrasi penerbitan langsung ke Blogger.
  • Windows Live Writer, aplikasi standalone dari Windows Live suite, yang bisa digunakan untuk menerbitkan langsung ke Blogger.
Bagaimana menurut kamu ? Terarik untuk Nge-Blog ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar